Thursday 21 February 2013

PlayBoy Facebook

Ini adalah cerpen pertama yang gue bikin dan cerpen ini masuk kedalam buku "All About Love" yang akan terbit tanggal 25 feb 2013 besok. Lo bisa juga beli bukunya disini. Jangan lupa dibeli ya bukunya dan Selamat menikmati Playboy Facebook :)

Toneng-toneng suara sanguine remix dari Blackbrry bunyi terus menerus.
Itu bukan tanda ada yang BBM atau SMS tapi itu tanda ada yang ngechat FB. Ya, Fb gue emang enggak pernah sepi dari yang namanya chat dan ngewall. Tapi wall gue lock jadi seolah-olah emang sepi, itulah cara aman gue untuk jadi Playboy Facebook.
 
Gue punya 20 mantan dan 4 pacar, ya itu semua gue dapetin gara-gara facebook. Pacar gue yang pertama namanya putri dia masih sma kelas 2 di kota tanggerang, gue baru aja jadian dua minggu enggak jelek banget si cuman jelek aja eh standart maksudnya. Yang kedua namanya Ratih waktu gue liat foto di Fbnya cantik dan putihnya pake kata banget tapi pas gue ketemu sama orangnya ternyata berbanding kebalik dengan fotonya, ya mungkin itu akibat mesin dari kantung ajaibnya doraemon yaitu photoshop dan photoscape, oh iya gue jadian sama dia baru 1 minggu. Nah yang unik pacar ke 3 dan 4 gue ini, nama dan tanggal jadiannya pun sama yaitu Fina, gue jadian sama dia pas tanggal 12-12-12, bedanya pacar gue yang ke 3 ini jadiannya pas siang dan rumahnya di depok sedangkan yang ke 4 itu malem dan rumahnya di Bogor. Gue ngapelin dia semua cuman sekali dalam sebulan, ya dengan alasan rumah gue jauh dari rumah mereka karena rumah gue sendiri ada di Bekasi. Jadi setiap malem minggu gue bisa ngapelin cewe yang berbeda. Emang kelihatannya sulit tapi sebenernya gampang kok karena yang lo butuhin cuman alasan. Contohnya kaya pas ada pacar lo yang ngajakin pasang status relationship sama dia di FB, ya lo tinggal bilang aja belom boleh pacaran sama orang tua atau dengan sedikit gombalan “udah gak perlu cantumin nama kamu di FB segala, yang penting dibuku nikahnya tercantum nama kamunya”. Yeah its esay.
 
Udah enggak ada niat lagi buat nambah pacar baru karena malem minggu dalam sebulan hanya ada 4 kali dan menurut gue itu semua udah cukup. Tapi tiba-tiba ada anak baru disekolah dan kebetulan dia masuk di kelas gue. Namanya Retiyana Wardani dipanggilnya Yana, kulitnya putih, rambutnya hitam panjang, bibirnya merah merona kalo di ibaratkan dia ini seperti… ya Retiyana Wardani. Bel tanda waktu istirahatpun berbunyi, gue pun mencoba beranikan diri buat ngedeketin dia.
 
“Hei yana ya?nama gw ryza.” Sambil menjulurkan tangan
“iya gw yana.” Sambil bersalaman
“lo pindahan dari SMA mana?” tanya gw
“gw pindahan dari SMA Kartini.” Jawabnya sambil tersenyum manis
 
Dan obrolan gue sama diapun berlanjut, sampai akhirnya sebelum bel masuk kelas bunyi gue udah dapet nomer hpnya. Didalam kelas entah kenapa pandangan gue bukannya kepapan tulis tapi malah ke dia. Senyumnya telah berhasil membuat gue jatuh cinta pada pandangan pertama, mungkin agak sedikit lebay tapi percaya deh ini bener-bener terjadi. 
 
Sampainya dirumah gue langsung sms dia, ya tentunya sms cewe gue yang lainnya juga. Tapi entah kenapa kayanya kalo dapet sms dari dia rasanya beda banget sama dapet sms dari pacar gue yang lainnya, rasanya kaya lo lagi tersesat dihutan tiba-tiba ketemu MCD! Senengnya enggak ada tandingannya apa lagi gue dapet respon yang baik dari dia.
 
Setelah berhari-hari gue smsan dan ngobrol sama dia, akhirnya gue beranikan diri buat ngajak dia nonton film Breaking Dawn part 2 pas hari minggu, enggak ada yang nanya kenapa enggak malem minggukan? Jawabannya ya karena gue lagi ngapelin cewe gue yang lainnya hahaha. Gue rasa itu film yang tepat, ya walaupun gue sendiri belom pernah nonton yang part 1 nya sedikitpun, denger-denger kata orang itu film romantis, ya gue ikut-ikut aja.

 Akhirnya hari itupun tiba. Gue jemput dia ke rumahnya dengan motor kesayangan gue. Gayanya yang modis bikin gue makin terpikat sama dia. Enggak seksi tapi enggak tomboy juga, ini yang namanya perfect. Gue ajak dia nonton di salah satu mall elite yang ada di Bekasi. Setelah beli tiket ternyata gue harus nunggu sekitar satu jam-an, ya waktu itu gue pake buat main di timezone dan makan di foodcourt. Ketika lagi makan gue berfikir kayanya ini waktu yang pas untuk ungkapin perasaan gue ke dia. Ya setidaknya nanti pas nonton gue udah bisa pegang tangan dia biar gue enggak kedinginan. Akhirnya gue tembak dia pada saat itu juga.
 
“Yan waktu pertama kali aku ketemu sama kamu, aku udah yakin kalo kamu terlahir memang untukku dan aku gak mau kalo kamu mesti mampir kehati orang lain sebelum nantinya kehati aku.”sambil memegang kedua tangannya”
“ya terus?” dengan muka malau-malu dan mukanya berubah menjadi kemerahan
“ya, kamu mau gak jadi pacar aku?” tanyaku gugup
“iya aku mau kok.” Jawabnya sambil tersenyum manis menatap mataku

Sebenernya si gue udah enggak kaget lagi ngedenger jawaban dia, karena kata-kata itu selalu gue pakai buat nembak pacar-pacar gue sebelumnya dan itu selalu ngasih hasil yang sangat memuaskan buat gue. Engak lama kemudian, akhirnya waktu nonton film itupun tiba. Gue dengan senengnya langsung kebioskop tersebut sambil memegang tangannya. Dari awal film tersebut dimulai sampai selesai tangan gue enggak pernah terlepas dari tangannya. Di dalam situ gue ngerasa bahwa yang nonton film itu cuman gue berdua sama dia. Setelah nonton filmpun gue anter dia balik kerumahnya karena sang rembulanpun telah menampakkan wujudnya.

Hari-hari gue terasa menjadi lebih indah dan yaa sedikit sulit. Karena setiap mau kesekolah gue harus menghapus semua sms dan bbm dari cewe-cewe gue yang lainnya. Enggak hanya itu gue juga harus ngasih alasan kesemua pacar gue supaya dia enggak sms gue pas waktu sekolah.

 “yang kalo waktu sekolah enggak usah sms aku dulu ya, aku lagi mau fokus belajar, kan sekarang aku udah kelas 3 sma jadi mau fokus buat UN”, atau yang ini “beb masa di sekolah aku ada peraturan baru, semua siswa dilarang bawa hp dan kalo ketawan langsung di DO jadi enggak usah sms aku dulu ya pas jam sekolah takut ketawan guru nanti”

Ya seperti yang gue bilang diawal, yang lo butuhin cuman alasan dan alasan itu berhasil ngebuat pacar-pacar gue enggak sms gue diwaktu sekolah. Yeah its esay.

Di sekolah gue dan yana seperti motor dengan bensin, coboy dengan kuda, dan kereta api dengan bau ketek penumpangnya, semuanya berkaitan dan enggak akan terpisahkan. Gue sama sekali enggak pernah ngerasa bosen ngeliat muka dia, entah karna gingsulnya yang bikin dia manis atau ya karna masih baru jadian. Setiap hari diapun ngecekin sms dan bbm gue, menurut gue itupun bukan masalah karena udah gue antisipasi sebelumnya. Hari-hari gue berjalan dengan indah. Sampai akhirnya dia ngebuka FB gue yang belum di logout di blackberry gue. Dia ngebaca semua chat-chatan gue sama cewe-cewe yang lainnya.
 
“kok kamu tega ngelakuin ini semua ke aku?” tanyanya sambil ngelempar hpnya kebadan gue
“ngelakuin apa?” tanya gue dengan penuh deg-degan
“udah pergi sana Playboy Facebook, gue benci sama lo” teriaknya sambil menangis dan pergi ninggalin gue.
 
Kali ini jantung gue terasa berhenti dan badan ini terasa kaku enggak tau harus berbuat apa. Hari demi hari gue lalui sendiri, bukan karena gue enggak main lagi dengan dia tapi karena udah 3 hari ini dia enggak masuk sekolah. Akhirnya gue beranikan diri buat datang kerumahnya. Diapun mau untuk nemuin gue tapi itu semua juga terpaksa karena disuruh sama orang tuanya. 
 
 “yan kamu kenapa udah 3 hari ini enggak masuk sekolah?” tanyaku dengan nada khuatir
Yana pun hanya terdiam dengan muka yang acuh tak acuh
“yan aku tau kamu pasti benci banget sama aku, aku tau aku salah tapi tolong maafin aku” seruku sambil menatap matanya
“enggak ada gunanya juga maafin Playboy Facebook kaya kamu” jawabnya dengan nada ketus
“terus aku harus berbuat apa supaya kamu mau maafin aku?” tanyaku
“oke kamu akan aku maafin, tapi kamu putusin semua pacar-pacar kamu yang kenalan dari facebook itu sekarang dan nonaktifin Facebook kamu selama-lamanya! Berani enggak?” tanyanya dengan nada yang menantang
“ya, okey kalo emang mau kamu gitu akan aku lakuin.” Jawabku
 
Akhirnya satu persatu pacar gue pun gue putusin, kali ini gue berusaha gentle, mutusinnya enggak dari facebook, sms atau bbm tapi lewat telephone. Walaupun mutusin cewe bukan hal yang baru bagi gue tapi gue ngerasa hal ini adalah hal yang paling kejam setelah mutilasi yang dilakukan kepada kambing dan sapi pada hari idul qurban. Akhirnya gue pun di maafin oleh dia dan hubungan gue dan diapun terus berlanjut. 
 
Setelah gue pulang dari rumahnya gue pun berfikir, ya memang seharusnya seperti ini. Kalo memang ingin mendapatkan mutiara ya carinya dilaut bukan di sungai atau pemancingan. Tapi bukan hal yang tidak mungkin mendapatkan mutiara di sungai, mungkin saja ada yang enggak sengaja menjatuhkannya dan lo berhasil nemuinnya, tapi itu semua satu banding sejuta. Ya lo memang harus ngedapetin pasangan yang benar ditempat yang benar bukan di dunia maya yang semuanya dapat dimanipulasi.
Tapi ini semua ada yang ngebikin gue enggak nyaman, bukan karena pacar gue sekarang hanya satu. Tapi karena gue jadi enggak punya facebook, rasanya seperti bikin mie rebus kebanyakan kuah, hampa. Ya, itu akhirnya mendorong gue untuk membuat account twitter. Ntahlah nanti akan ada “Playboy Twitter” atau tidak :D. –END-

No comments:

Post a Comment